7.10.11

KKL JOGJA-KREBET-BANTUL

Telatnya sungguh telat baru posting cerita dan pengalaman gw kkl di jogja.10 hari dijogja itu seru banget jalan-jalan plus belajar sih yang utama.banyak tempat-tempat yang belum pernah gw kunjungi dan akhirnya gw kesana.oiya KKL itu kuliah kerja lapangan karna gw anak senirupa jadi KKLnya di tempat seniman-seniman di didaerah jogja khususnya bantul.awalnya sebelum berangkat sempet bingung mau ngambil apa antara lukis dan batik kayu ada beberapa pilihan sih selain itu ada patung,grafis,batik tulis,lukis,dan kriya batik kayu.gambling antara dua pilihan dan akhirnya gw mutusin untuk ngambil batik kayu karena gw mau belajar yang belum pernah gw pelajarin sebelumnya.kami pun berangkat satu angkatan menuju jogja tanggal 5 juli 2011sekitar jam 5 sore.keesokan harinya kita sampai dan langsung menuju basecamp yang nantinya akan kita tempatin.dan baru besoknya lagi saya menuju tempat namanya sanggar punokawan di daerah krebet bantul di jemput oleh pak anton yang punya sanggar batik kayu tersebut.tiba di rumahnya yang sangat nyaman di sediakan kamar untuk difisi yg ngambil batik kayu ada 6 org afi,gw,sania,dias,devi,chaca.ketemu sama bu anton.mas agus,mba mugik,mba ros dijelaskan awalnya dulu cara membuatnya.
Awalnya agak sedikit kecewa karna desain yang gw bawa dari jakarta ga bisa dibuat disana harus pesan dan mungkin agak lama,dan akhirnya kita semua bingung kembali ke kamar untuk memikirkan ide" baru lagi.dan akhirnya dapatlah ide" baru.dikasih taunya lewat foto aja yah.....


sanggar punokawan


chaca,gw,devi,sania,dias,afi
foto di depan sanggar punokawan


hari berikutnya kami pun mulai membuat karya.pergi ke gudang yang berisi penuh kayu-kayu sebagai bahan dasar batik kayu,dibantu oleh mas (ah lupa lagi namanya) oiya mas rowi yang jelas dia baik banget mau bantuin kita semua.yang paling pertama dia ngerjain punya gw dulu desain yang sudah dibuat dikasih lihat dan dijelaskan kepada dia,lalu mulai deh mengerjakannya


gudang kayu sekaligus tempat pembuatan yang berada tepat dibelakang rumah pak anton


ini dia mas rowi yang membantu proses pembuatan karya saya


setelah proses pemotongan jadilah seperti ini


proses pemotongan untuk bagian dalam dan kemudia disusun lalu di tempel satu persatu

 kayuku laptopku

No comments:

Post a Comment